Penyebab & Gejala Penyakit Kolesterol

Cholesterol ialah zat lilin yang dibikin di pada tubuh oleh hati tapi ikut diketemukan pada beberapa makanan. Ini mainkan peranan terpenting dalam bagaimana tiap-tiap sel kerja dan dibutuhkan untuk bikin Vitamin D, beberapa hormon serta empedu untuk pencernaan. Akan tetapi, kebanyakan cholesterol dalam darah dapat tingkatkan resiko terserang penyakit jantung serta peredaran darah.

Tanda-tanda cholesterol tinggi
Mempunyai kandungan cholesterol tinggi, sesaat aspek resiko untuk keadaan lainnya, tidak memunculkan sinyal atau tanda-tanda. Bila tidak dicheck dengan teratur lewat tes darah dengan teratur, kandungan cholesterol tinggi akan lepas dari perhatian serta bisa memunculkan intimidasi diam pada serangan jantung atau stroke.

Mengerti HDL-kolesterol serta cholesterol LDL
Cholesterol diangkut dalam darah yang melekat pada protein yang dimaksud lipoprotein. Ada 2 bentuk penting, LDL (low density lipoprotein) serta HDL (high density lipoprotein). Cholesterol LDL seringkali dikatakan sebagai “kolesterol jahat” sebab kebanyakan yang tidak sehat. HDL seringkali dikatakan sebagai “kolesterol baik” sebab berbentuk protektif. Tahu tingkat Kamu ini bisa menolong menuturkan resiko penyakit jantung Kamu. Dokter Kamu mesti dapat memberitahu Kamu tingkat cholesterol “baik” serta “buruk” Kamu.

LDL cholesterol
Cholesterol LDL bisa tercipta pada dinding arteri Kamu serta tingkatkan peluang terserang penyakit jantung. Itu penyebabnya cholesterol LDL dikatakan sebagai cholesterol “jahat”. Makin rendah kandungan cholesterol LDL Kamu, makin kecil risikonya.

Bila LDL Kamu 190 atau lebih, itu dipandang tinggi sekali. Dokter Kamu kemungkinan akan mereferensikan statin tidak hanya membuat pilihan pola hidup sehat. Statin ialah obat yang dapat menolong turunkan kandungan cholesterol.

Kamu mungkin saja butuh menggunakan statin walau tingkat LDL Kamu lebih kecil dari 190. Sesudah memperhitungkan resiko 10 tahun Kamu, dokter Kamu akan mereferensikan prosentase dimana Kamu mesti coba turunkan tingkat LDL Kamu lewat diet, berolahraga, serta penyembuhan bila perlu.

Cholesterol HDL
Saat sampai pada cholesterol HDL – cholesterol “baik” – angka yang tambah tinggi bermakna turunkan resiko. Ini sebab cholesterol HDL membuat perlindungan pada penyakit jantung dengan keluarkan cholesterol “jahat” dari darah Kamu serta mengawasinya supaya tidak tercipta di arteri Kamu. Statin dikit bisa tingkatkan HDL Kamu, sebab bisa olahraga.

Trigliserida
Trigliserida ialah bentuk dimana sejumlah besar lemak ada pada makanan serta badan. Tingkat trigliserida meningkat dihubungkan dgn resiko penyakit arteri koroner yang tambah tinggi.

Pemicu cholesterol meningkat
Cholesterol meningkat adalah aspek resiko penting penyakit jantung koroner, pemicu serangan jantung. Kurangi kandungan lipid darah bisa turunkan resiko kardiovaskular. Penimbunan cholesterol ialah sisi proses dari yang mempersempit arteri, dimaksud aterosklerosis, dimana plak tercipta serta mengakibatkan penetapan saluran darah.

Kurangi konsumsi lemak pada makanan menolong mengendalikan kandungan cholesterol. Dengan spesial, begitu menolong batasi makanan yang memiliki kandungan:

Cholesterol – dari makanan hewani, daging, serta keju.
Lemak jemu – diketemukan di sejumlah daging, produk susu, coklat, makanan panggang, makanan gorengan, serta makanan olahan.
Lemak trans – diketemukan pada beberapa makanan gorengan serta olahan.

Keunggulan berat tubuh atau obesitas dapat juga mengakibatkan kandungan LDL darah tambah tinggi. Genetika bisa mengakibatkan cholesterol tinggi – kandungan LDL yang tinggi sekali diketemukan pada keadaan kekerabatan hiperkolesterolemia familial. Kandungan cholesterol abnormal dapat juga muncul sebab keadaan lainnya, salah satunya:

diabetes
Penyakit hati atau ginjal
Sindrom ovarium polikistik
Kehamilan serta keadaan lainnya yang tingkatkan kandungan hormon wanita
Kelenjar tiroid yang kurang aktif
Obat-obatan yang tingkatkan cholesterol LDL serta turunkan cholesterol HDL (progestin, steroid anabolik, serta kortikosteroid)

Bagaimana cholesterol tinggi dapat diobati serta dihindari?
Empat pergantian pola hidup direferensikan untuk kebanyakan orang dengan kandungan cholesterol tinggi untuk kurangi resiko penyakit jantung koroner serta serangan jantung:

Konsumsilah diet sehat jantung
Teratur olahraga
Jauhi merokok
Sampai serta menjaga berat tubuh yang sehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kolesterol Yang Biasanya Ditanyakan